MICROSOFT BLOGGERSHIP 2011: Internet Sehat Sejak Dini

“Belajar diwaktu kecil bagai menulis diatas batu”

Sebuah pantun yang mempunyai arti belajar sejak dini akan lebih mudah dicerna dan diingat dari pada belajar/mengemban ilmu setelah tua/dewasa. Yap dengan latar belakang seperti ini dan juga adanya beban moral yang saya rasakan, maka sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 alinea 4 yaitu “Mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia,” saya mempunyai inisiatif untuk memberikan sedikit pengetahuan tentang adab dan moral dalam dunia internet kepada anak-anak di sekitar saya. Gimana? Udah kelihatan keren belum? :lol:

Sebenarnya ini sih bukan alasan untuk keren-kerenan maupun untuk sok-sokan. Tapi murni beban moral yang saya tanggung. Berawal dari koneksi jaringan internet murah kecil-kecilan yang saya bangun sejak bulan Januari 2010, maka secara tidak langsung saya bisa dikatakan orang yang bertanggung jawab atas pengaruh adanya internet di daerah tempat tinggal saya, ya karena sayalah yang memperkenalkannya kepada mereka.

Aneh ya aneh juga sih, memperkenalkan sebuah teknologi komunikasi yang “baru” untuk masyarakat lingkungan pedesaan dimana mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dan peternak sapi. Namun menurut saya inilah sesuatu hal yang saya harapkan dapat bermanfaat bagi mereka dimana dengan internet ini dapat membuat masyarakat pedesaan mampu mengakses komunikasi secara luas yang nantinya dapat berpengaruh kepada wawasan yang pada setiap harinya selalu muncul sebuah wawasan baru dan patut dimengerti.

pura-puranya melatih internet sehat untuk anak2

pura-puranya melatih internet sehat untuk anak2

lha ini bikin facebook

lha ini bikin facebook

Berapa penolakan dan hambatan sering saya dapatkan. Ya ini karena Internet di lingkungan pedesaan masih diartikan secara sempit, dimana masyarakat pedesaan sebagian besar menganggap internet adalah hal tabu dan saru yang akan merusak moral keturunan mereka. Sulit memang. Namun dengan sedikit pengetahuan saya tentang keuntungan dan kegunaan Internet maka saya pun memberikan sebuah pengenalan internet sederhana  untuk anak-anak di sekitar tempat tinggal. Karena harapan saya Internet Sehat ini tertanam pada setiap anak-anak termasuk anak-anak pedesaan :)

Dan taukah anda apa yang mereka jawab pertama kali setelah saya menanyakan

“Apa itu Internet?”

dengan tegas beberapa anak-anak menjawab:

“Luna Maya karo Ariel mas!” (Luna Maya dan Ariel mas)

:shock: :shock: :shock:

About si_enthon9

Begini aja begini apalagi begitu

09. December 2010 by si_enthon9
Categories: Ngangsu Kawruh | Tags: | 23 comments

Comments (23)

  1. wah paragraf terakhir iki marai ngakak tenan thon9 =))

  2. akakakakakak…. bagian terakhirnya.. wahh naiz article nihh… ditunggu kunjungan baliknya yahh.. :)

    http://mynotez.blogdetik.com/2010/10/29/internet-sehat-bikin-hebat/

  3. ya ampun… kok luna maya sama aril ? yang gambarnya bening itu ariel sama cut tari adek-adek >.< *loh*

  4. Kalo dapet ipad, mau pinjem buat maen fruit ninja \(´?`)/ huaahahahahahahaha….. Sukses selalu buat entong.

  5. waaaaawww lucu ini. Besok-besok ajarin aku juga yah mas entong :p

  6. Makasih mas Bad.. Doain ya masss *ambung*

  7. kamu minta diajarin apa Tuips? (–“)

  8. Wahaha mas Bair ini bisa aja lhoo.. Tapi kan Cut Tari gambarnya miring mas :lol:

  9. Kamunya ganteng mas *cuma fokus ke foto* #eh

  10. *sisiran*

  11. Good luck tong! hihi…

  12. Wah si_enthon9 ternyata agent of change :D nice work thon9, jangan lupa pake OpenDNS, ben ora padha mbukak sing saru2

    nGud Lak mase

  13. cara yang bagus untuk mencerdaskan bangsa, udah jarang banget ada orang yang care dan niat terjun langsung untuk ngajarin kegunaan internet semacam ini.. good job thon9! :)

  14. Ihihihihihihihi (¬_¬”)

  15. Maksih tantee.. Ya saya cuman membantu sebisa saya aja kok :D

  16. Wahihihi.. Masalah saru2 sih udah pake filter juga.. Tapi yang namanya niat pengen saru itu mesti di hindari :lol:

  17. WwWhHaaAAaWh MhAs ethOooOn9!

    tapi serius iki thon9. keren iki. lanjutkan perjuanganmu thon9. *melu ndukung ning jireh, muk nyurung nyurung seka mburi…*

  18. nyurungnya yang roso ya mas.. :lol: ning jangan sampai keblandang lho!

  19. #artis

  20. Yang terpenting, ajarin mereka cara menggunakan google
    *komen sok serius *

    biar nemu link donlot ariel lunamaya

    * balang watu *

    :D

  21. Woh mas Westnu ini ngajari yang ngga baek.. *istighfar*

  22. Et dah ada Mamang Direktor

Ngomplehlah

Required fields are marked *


5 − = 4