MICROSOFT BLOGGERSHIP 2011: Mengenalkan Upacara Bendera di Sulang Kidul dengan Youtube

Kapan terakhir kali Anda mengikuti upacara bendera? SMA? SMP? Atau mungkin SD? Selepas dari itu masihkah anda berpartisipasi di upacara bendera?

Sebagian warga Indonesia beruntung masih bisa mengikuti upacara bendera secara rutin namun sebagian warga Indonesia lain mungkin telah sangat lama tidak merasakan bagaimana upacara bendera berlangsung. Bahkan ada banyak warga negara ini belum pernah sekalipun mengikuti upacara bendera!! Percaya ngga?

Ya.. dulu salah seorang nenek di desa saya pernah curhat kepada saya bahwa beliau belum pernah tuh namanya ikutan upacara bendera. Aneh bukan? Seorang nenek yang hidup di negara ini selama lebih dari 70 tahun belum pernah sekalipun mengikuti upacara bendera??

Dan karena curhatan nenek tersebut maka akhirnya saya dan temen-temen pemuda di Sulang Kidul berinisiatif untuk melaksanakan upacara bendera secara sederhana di desa saya. Disamping untuk memenuhi cita-cita sang nenek, saya dan temen-temen pemuda-pemudi juga ingin meningkatkan rasa nasionalisme yang mungkin semakin meluntur. Walaupun sebener e tujuan lain dari itu juga sebagai lucu-lucuan dan untuk hiburan warga masyarakat.

Namun apa yang terjadi pada saat itu? Antusiasme warga sekitar sangat tinggi dan ternyata banyak sekali warga yang berpartisipasi pada upacara bendera yang pertama kali dilakukan di desa saya pada HUT RI tahun 2008 itu. Ini di luar dugaan temen-temen pemuda-pemudi panitia. Ke-gumun-an saya terhadap nasionalisme warga desa ini semakin tinggi setelah melihat beberapa peserta memang mengikutinya dengan sangat sederhana. Beberapa dari mereka bahkan rela meninggalkan pekerjaan disawah dan masih menggunakan pakaian berladang lengkap dengan paculnya demi mengikuti upacara bendera ini. Sungguh luar biasa bagi saya.

Dan pengalaman paling joss bagi saya ini pun tak akan saya nikmati sendiri. Maka pada saat itu juga dengan alat seadanya saya merekam seluruh rangkaian upacara dari mulai hingga bubar. Dari upacara detik-detik proklamasi di pagi hari sampai upacara penurunan bendera di sore hari hingga waktu maghrib menjelang tak satupun yang saya lewatkan.

Dan dengan fasilitas Internet saya unggah video tersebut di Youtube dengan tujuan semoga temen-temen di seluruh dunia bisa menikmati dan melihat betapa nasionalisme warga di suatu desa yang jauh dari perkotaan ini masih sangat tinggi. Video inipun saya tujukan buat sodara-sodara warga Desa Sulang Kidul yang pada saat itu kebetulan tidak berada di rumah karena mencari sesuap nasi hingga ke luar negri sebagai TKI.

About si_enthon9

Begini aja begini apalagi begitu

09. December 2010 by si_enthon9
Categories: Ngangsu Kawruh | Tags: | 18 comments

Comments (18)

  1. Waaaaa Enthong kok mengharukan! Ternyata ada orang-orang yang belum merasakan upacara sehingga sangat antusias yoooo!

    Thanks ya Thong udah share videonya disini. Kita jadi tau asiknya suasana saat itu. Untung ada internet. :D

  2. Weee ada Mbak Mimit lhooo.. Iya e ini tetangga-tetanggaku lagi pada mlumpuk.. Rame to?

  3. Wah Tooonngg!!! Kamu kok…. hih! Jadi makin cintah *disepak gajah*. Kamu secara nggak langsung nyindir aku yang waktu SMP pernah bilang “kayane dewe iki kekerepen upacara, jadi greng-nya ga dapet” ehehe. Woo.. sekarang jadi sadar kalo upacara itu precious je!

  4. keren thon9…
    tak copy yo videone,mau tak tunjukin ke pemuda2 lainnya :D

  5. Hooh yo mbak.. Padahal kamu dulu males2an to.. Dasar!! :lol:

  6. Wah bagus itu mas Ken.. :lol:

  7. HEH! Kamu kok bener!

  8. weh ada mas Afit :D

  9. coba coment… boleh juga ni blog

  10. Wah Lanjutkan wae thon9

  11. woh mas Hyude lagi makan apa ni?? mbok bagi-bagi mas :lol:

  12. halo mas entong :O

    suka lewat nih id twitnya di TL :D

  13. halooo mas Popoookk.. waaa suatu kehormatan ni idah mampir ke blogdetikku.. itu yang lewat di TL cuman twit nyasar og mas :lol:

  14. menirkabelmu neng endi mas entong ? wes gak bakal update ta ? :D

  15. hahaha pindah disini aja mas Bair.. :p

  16. wehhh keren tenan mas enthon9 kii..
    *keplok2*
    :D

Ngomplehlah

Required fields are marked *


− 3 = 6